Ada ada Aja cara bangunin sahur ini… kalo anda gimana?


Ada ada AJA cara bangunin sahur ini… kalo anda gimana?

Bangun sahur emang males dan susah, dipenghujung malam dengan hawa udara yang agak dingin pas banget dan lagi pules-pulesnya tidur, tapi di beberapa daerah ada cara sendiri untuk membangunkannya dan kebanyakan cara ini tak perlu ditiru karena ini lebih ke tradisi budaya dan bukan ibadah, untuk menambah khazanah mengetahuinya pasti lebih baik.

“Obrog-Obrog”

Tradisi ini ada disekitaran PANTURA meliputi wilayah Indramayu, Cirebon dan Brebes juga beberapa daerah lainnya. Obrog obrog sendiri tradisi menjelang sahur yang ramai dengan suara nyanyian yang diiringi musik oleh suatu rombongan yang berkeliling. Warga di daerah pantai utara (pantura) ini “dibangunkan” dari tidurnya untuk melaksanakan sahur dengan bunyi musik yang khas.

obrog obrog

“Percalan”

warga Salatiga memiliki gaya sendiri dengan menggunakan tabubhan alatnya sederhana dan mudah didapat karena terdiri dari ember bekas, kentongan dari bambu, bedug dan juga besi bekas yang ditabuh dengan irama yang beraturan.

“Ngarak Bedug”

Kalo tradisi ini mungkin gak terlalu asing untuk area perkotaan seperti jakarta, Tradisi berkeliling kampung sambil membawa bedug di waktu sahur ternyata di mulai dari kebiasaan masyarakat betawi sejak ratusan tahun silam. Bukan hanya sahur, ngarak bedug ini juga digunakan sebagai penanda waktu imsyak dan buka.

bedug-sahur-2

Bagarakan Sahur,

Dengan menggunakan gerobak sapi para pemuda membangunkan warga untuk sahur di bulan Ramadhan menggunakan tabuhan alat musik seperti agung, babun dan juga seruling. Dan cara ini banyak dilakukan di daerah kalimantan selatan

“Dengo-Dengo”

Warga menabuh menabuh gong, gendang dan juga rebana melalui sebuah bangunan tinggi yang terbuat dari bambu yang disebut dengo-dengo dan ini tradisi khusus di daerah sulawesi tengah. Bangunan dengo-dengo ini memang sengaja dibuat tinggi agar suara yang dihasilkanya bisa terdengar sampai jauh. Di sore hari, dengo-dengo juga digunakan warga sebagai tempat beristirahat sambil menunggu waktu buka.

Di sarikan dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s